Jumat, 02 Agustus 2013

Alat Musik Yang Aneh dan Unik di Dunia

tutusberita : Alat-alat musik seperti gitar, drum, biola, piano dan lain-lain. Itu beberapa nama alat musik pada umumnya yang sering kita dengar, namun pernahkah agan mendengar tentang beberapa alat musik ini yang aneh dan unik:

1. Kalimbas

Alat musik Kalimbas ini juga di kenal dengan piano ibu jari, dan masuk.dalam kategori perkusi. Penghasil suara dari alat ini terbuat dari buluh/besi-besi tipis yang petik dengan jari, prinsip kerjanya sama dengan gitar.

2. Glass Harmonica

Glass Harmonica/ Harmonika Kaca, adalah alat musik yang terbuat dari kaca, yang di susun dengan ukuran yang berbeda, dengan maksud agar suara yang di hasilkan berfariatif. Suara di hasilkan dari gesekan jari di atas permukaan kaca tersebut.

3. Travel Didgeridoo

Alat musik yang satu ini, masuk dalam kategori alat musik tiup. Panjang alat musik yang satu berkisar antara 1-4 kaki, semakin panjang Didgeridoo tersebut maka semakin rendah nada yang di hasilkan. Dan walaupun besar alat ini dapat di bongkar dan di masukan ke dalam sebuah tas, itu mungkin, kenapa nama depannya "Travel".

4. Anarchestra

Alat musik yang satu ini tergolong unik karna di buat dari potongan-potongan besi baja, seperti tuning mesin, dan semua orang yang hadir dapat memaikan alat musik ini, bagi yang mengerti nada dan musik tentu, karna terlihat sulit dan rumit alat musik ini.

5. Fence Music

Fence yang berarti pagar. Ya,fence musik adalah alat musik yang memanfaatkan kawat pagar, yang di gesek dengan sebuah busur, prinsip kerjanya sama dengan biola. Dan suara yang di hasilkan juga terbilang unik.

6. Musical Saw

Prinsip kerja alat ini sama seperti fence music diatas, dan otomatis juga seperti biola, tapi yang di gunakan di sini adalah sebuah gergaji tangan yang cukup lentur. Cara bermain alat musik ini, dengan menumpukan salah satu ujung gergaji pada lutut, dan sedikit menekanya, sehingga agak bengkok menyerupai huruf "S". Yang kemudian permukaannya yang bergerigi di gesek dengan busur biola, atau di petik.

7. Cheese Drum Set

Dari namanya saja sudah aneh, Satu Set Drum Keju. Aneh ya, keju bisa di jadikan sebuah drum. Cara bermainnya pun sama saja dengan drum pada umumnya, suara berbeda di hasilkan dari ketebalan/kepadatan keju yang berbeda-beda.

8. Aeolian Wind Harp

Alat musik yang satu ini termasuk jenis tidak dapat di mainkan, karna alat ini hanya memanfaatkan angin untuk beroprasi, wind harp, atau harfa angin, di buat dari bahan kayu dan senar. Bunyi yang di hasilkan, tergantung pada seberapa kuat tiupan angin.


9. Pegasus Piano

Piano ini hanya ada 14 buah saja di dunia, Piano ini memiliki 88 tombol yang unik, yang dapat membuat suara 7 ¼ oktaf. Tutupnya diatur pada sistem hidrolik yang memungkinkan operator untuk mengontrol berapa banyak suara diproyeksikan dari itu.

10. Kazoo Instrument

Mekanisme kerja alat ini seperti trompet, namun bukan di tiup, pemain harus bersuara atau bicara menggunakan alat ini, dan dari getaran yang di timbulkan, dapat di ciptakan nada yang berbeda-beda.

11. Riday T-91 Midi Controller

Melihat alat ini, jadi ingat Fariz RM. Anda dapat memainkan alat musik ini seperti sebuah keyboard. Dengan menggunakan model dari semua jari untuk 12 scales, 12 scales mayor, 12 scales minor dan 12 scales blues. Gerakkan tangan Anda ke kanan atau kiri, akan membantu Anda menghasilkan suara yang Anda inginkan.

12. Jaw Harp

ni adalah alat musik tertua di dunia, dulu di buat dari bambu, sekarang ada yang membuatnya dari logam flexibel. Alat ini cara memainkannya cukup unik, anda cukup menaruh alat ini di bibir anda sejajar dengan gigi, dan memukul-mukul atau metik alat ini, bunyi yang di hasilkan berasal dari getaran dan resonansi dari rongga mulut.


13. Weather Harp

Alat ini terbuat dari campuran kayu lapis laut, kulit kambing, dan media epoksi. Alat ini dioperasikan oleh angin. Suara yang di hasil berasal dari senar-senar yang di pasang pada alat ini. Ada dua perangkat diaktifkan angin yang menghasilkan suara. cangkir Logam akan memetik senar untuk menghasilkan treble akord, sedangkan lengan keseimbangan akan memetik senar untuk menghasilkan nada bass.

14. Cucumber Phones

Ini merupakan sebuah orkestra sayuran yang berasal dar Wina, sayuran-sayuran yang di gunakan tentu saja mentimun. Yang di bentuk sedemikian rupa agar dapat menghasilkan suara, tetapi agar suara maksimal di butuhkan bantuan dari sayuran lain seperti wortel dan cabai. Unik ya? Dan setelah orkestra selesai, sayuran yang di gunakan tidak di buang, melainkan di masak menjadi sup.

15. Ballon Music

Balon di tiup, dan setelah membesar, bibir balon tempat kita meniup, kita regangkan sedikit-sedikit dan mengatur besar kecilnya angin yang keluar, dan suara yang dihasilkan sangat lucu, seperti kentut.

kaskus.co.id

0 komentar:

Posting Komentar