Minggu, 10 November 2013

The Khumbu Icefall : Perangkap Kematian Gunung Everest

tutusberita : Rute Gunung Everest
   Overview



Gletser Khumbu terletak di antara Gunung Everest dan Lhotse-Nuptse Ridge. Gletser adalah bagian akhir dari perjalanan menuju Everest Base Camp. Ini merupakan rute utama untuk mendaki Gunung Everest, dan salah satu yang lebih dikenal dan sering dikunjungi dari gletser Himalaya.

Reruntuhan Es Khumbu yang terkenal membuat gletser bertransisi dari zona akumulasi ke zona ablasi dimana pencairan terjadi. Base camp untuk ekspedisi pendakian berada di bagian puing yang tertutup gletser, di bawah Reruntuhan Es Khumbu. Puing-puing penutup dibawa turun oleh longsoran dan turun ke permukaan akibat pencairan.

Sementara Gunung Everest terkenal, yang dikenal sebagai puncak dunia karena ukurannya - berdiri menakjubkan dengan ketinggian 29.029 kaki di atas permukaan laut - itu juga terkenal karena kondisi yang keras dan cuaca berbahaya yang dihadapi para pendaki. Suhu dapat jatuh di bawah -100 derajat Fahrenheit atau lebih dingin, dan angin berhembus dengan kekuatan badai kategori 3, pada 118 mil per jam atau lebih.

Kemudian ada sesuatu tentang ketinggian: karena Anda maju lebih tinggi di Gunung Everest, jumlah oksigen yang dibutuhkan untuk mempertahankan hidup menurun dengan cepat sampai Anda mencapai puncak, di mana hanya ada sepertiga dari tingkat oksigen yang dibutuhkan untuk menopang kehidupan manusia. Anda akan berpikir bahwa salah satu faktor ini akan menyajikan tantangan yang paling sulit untuk seorang pendaki, tapi anehnya, kebanyakan pendaki tidak menganggap hal itu untuk menjadi yang paling berbahaya yang mereka hadapi.

Bahkan, sebagian pendaki cenderung setuju bahwa bagian tersulit dari gunung untuk mendaki sebenarnya adalah Reruntuhan Es Khumbu, tepat di atas base camp. Reruntuhan Es adalah salah satu tahapan yang paling berbahaya dari rute South Col yang membawa Anda ke puncak Gunung Everest.

Reuntuhan Es Khumbu adalah titik di mana gletser itu mulai mencair. Karena ini, para pendaki merasa seperti mencoba untuk memanjat lautan es yang bergerak beberapa kali. Seluruh Gletser sangat tidak stabil, dan rata-rata pendaki dapat mengharapkan untuk berada di daerah yang luar biasa berbahaya ini antara empat dan enam jam sebelum mereka naik 2.000 kaki ke puncak gletser dimana Camp Satu terletak.

Seluruh Reruntuhan Es Khumbu membutuhkan kliping dan unclipping dari garis tetap (tali yang melekat pada gunung dengan tiang pancang terkubur di dalam salju) lalu menyeberang kegelapan, celah-celah jurang diatas sesuatu yang lebih dari tangga kebun biasa - semua dilakukan sambil mengenakan crampon (besi pada alas sepatu es) pada kaki Anda.

Dengan gletser bergerak terus-menerus, celah yang dalam pada permukaan es membuka tanpa peringatan sama sekali dan balok es yang sangat besar, sampai dengan ukuran rumah, bisa jatuh dari atas. Saat pergeseran balok es, potongan besar dapat retak dan jatuh ke bawah melalui Reruntuhan Es, membentuk sebuah labirin darian bagian-bagian yang harus diantisipasi dengan cepat oleh para pendaki untuk dapat bernavigasi

Setiap detik yang dihabiskan untuk menavigasi melalui reruntuhan es adalah hal kedua yang mempertaruhkan hidup Anda. Kenyataannya, kecelakaan bisa dan memang terjadi pada reruntuhan es tersebut. Sayangnya, ini sering terjadi ketika pendaki jatuh ke celah yang dalam pada permukaan es atau terkena balok es yang jatuh.

Reruntuhan Es Khumbu bertanggung jawab atas lebih dari 19 dari 200 kematian yang dikenal di gunung. Dan sedihnya, jika seseorang di luar jangkauan penyelamatan maka ia dapat tinggal di dalam sana selama-lamanya.

Khumbu Icefall:

Khumbu Icefall:

 Khumbu Icefall:


 Khumbu Icefall:

 Khumbu Icefall:

  Khumbu Icefall:

  Khumbu Icefall:
  Khumbu Icefall:

  Khumbu Icefall:

  Khumbu Icefall:
  Khumbu Icefall:
   


sumber : kaskus.co.id

0 komentar:

Posting Komentar