Minggu, 10 November 2013

Berhenti makan kentang goreng sekarang juga!

tutusberita :
jika Anda termasuk orang yang masih menganggap kentang goreng adalah makanan sehat hanya karena dibuat dari kentang asli, pikirkan lagi! Selama ini kentang goreng telah memiliki reputasi yang buruk dalam hal kesehatan. Meski kentang goreng tergolong makanan yang mudah didapatkan, murah, dan cocok dijadikan cemilan, sebaiknya jangan konsumsi makanan ini terlalu banyak.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus berhenti makan kentang goreng sekarang juga, seperti dilansir oleh Fitnea.
1. Kentang goreng mengandung lemak jahat.
Makanan yang digoreng, terutama kentang goreng, memang enak. Namun juga mengandung lemak jahat dan lemak jenuh yang seiring berjalannya waktu bisa menjadi kanker. Menggoreng kentang menggunakan minyak biasa, dan bukan minyak alami seperti minyak zaitun, minyak bunga matahari, dan lainnya, bisa meningkatkan jumlah lemak jahat dalam makanan tersebut. Nantinya, lemak jahat yang menumpuk akan menyumbat arteri dan bisa menyebabkan penyakit seperti serangan jantung. Selain itu, meningkatnya jumlah lemak jahat biasanya dibarengi dengan jumlah kolesterol jahat yang juga ikut meningkat.
2. Kentang goreng mengandung karbohidrat yang buruk
Kentang memiliki karbohidrat sederhana. Ini adalah jenis karbohidrat yang mudah diubah menjadi gula dalam tubuh. Ini membuat tubuh lebih mudah mencerna dan menyerapnya menjadi energi, atau justru menyimpannya menjadi lemak. Dengan kata lain, jika kalian tak langsung berolahraga dan membakar lemak setelah memakannya, kemungkinan kentang goreng bisa membuat kalian gemuk dengan cepat. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat dalam kentang juga bisa membuat insulin cepat melonjak. Hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.
3. Kentang goreng mengandung lemak trans
Lemak trans sangat berbahaya karena bisa meningkatkan jumlah kolesterol buruk dan menurunkan tingkat kolesterol baik dalam tubuh. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung lemak trans akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Tak hanya itu, kentang goreng juga diketahui memiliki tingkat acrylamide yang tinggi. Zat tersebut bisa memicu munculnya kanker dengan.
Itulah beberapa alasan yang harus Anda perhatikan sebelum meneruskan kebiasaan makan kentang goreng. Masih tak bisa lepas dari kentang goreng? Anda bisa mencoba membuat kentang goreng sendiri dengan alternatif yang lebih sehat. Misalkan menggoreng menggunakan minyak alami seperti minyak zaitun atau minyak bunga matahari dan minyak sayur.


sumber : merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar